proses-ionisasi-substrat-menggunakan-antistatic

Penggunaan Anti Static Untuk Industri Printing Rotogravure

Dalam dunia printing seperti rotogravure, Antistatic merupakan produk penting yang membantu proses kerja printing tetap berjalan optimal. Saat mesin printing melakukan proses kerja, gesekan material substrat dan tools mesin printing membuat permukaan substrat melepaskan muatan listrik statis atau yang dikenal dengan ESD (Electrostatic Discharge).

Masalah yang Diakibatkan Listrik Statis

Terdapat beberapa masalah yang dapat terjadi pada proses printing, beberapa masalah tersebut seperti : 

Debu yang Tertarik ke Permukaan Substrat

Dalam proses kerja yang cepat dan dalam waktu yang panjang, gesekan substrat akan menghasilkan muatan listrik statis yang dapat menarik debu ke permukaan substrat. Debu yang tertarik ini akan menempel pada substrat yang nantinya akan mengganggu hasil printing.

Menciptakan Waste

Tidak hanya debu yang tertarik ke permukaan substrat, masalah listrik statis juga dapat menyebabkan beberapa masalah lain seperti membuat waste atau sampah karena bagian produk yang tidak layak pakai.

Jika masalah waste dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan kerugian akibat faktor pemborosan material.

Masalah Percikan Api

Pada kasus lain, pelepasan muatan listrik statis dapat menciptakan percikan api. Hal ini akan menjadi masalah terutama jika bertemu solvent yang sifatnya mudah terbakar. Hal tersebut dapat berpotensi membahayakan karyawan serta menciptakan kerugian yang besa untuk perusahaan.

Antistatic Sebagai Solusi Mesin Printing

proses-ionisasi-substrat-menggunakan-antistatic

Untuk mencegah masalah yang terjadi pada proses printing akibat listrik statis pada permukaan substrat, PT. Prima Mas Agung hadir menyediakan anti static bar untuk menetralkan pelepasan muatan listrik statis anda.

Alat ini bekerja dengan beberapa langkah yaitu : 

  1. Melakukan ionisasi antistatic dengan ion negatif dan ion positif yang dikeluarkan melalui jarum-jarum yang ada pada bar yang diarahkan ke permukaan substrat selama proses printing berlangsung.
  2. Ion negatif dan ion positif yang diarahkan ke permukaan substrat akan bergerak menuju ke muatan statis pada permukaan sehingga muatan statis berhasil berhasil dinetralkan.

Dapatkan produk Antistatic Anda

Antistatic bar dapat digunakan berbagai brand mesin print rotogravure. Selain itu, kami juga memiliki antistatic untuk beberapa mesin industri lain seperti tekstil, coating, dan lain sebagainya.

Anda dapat menghubungi kami pada halaman kontak website kami untuk menanyakan lebih lanjut mengenai spesifikasi serta mesin anda dan dapatkan penawaran harga menarik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *