Fungsi Viscosity Controller Pada Cetak Rotogravure

Dalam proses printing kemasan seperti rotogravure, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terutama saat proses produksi. Salah satu masalah yang sangat mungkin terjadi saat proses cetak rotogravure seperti masalah viskositas (kekentalan) tinta cetak yang berubah-ubah.

Masalah viskositas tinta yang dapat berubah-ubah pada proses cetak rotogravure akan mengakibatkan masalah yang nantinya akan mengganggu dan menurunkan kualitas cetak.

Masalah viskositas yang berubah sebenarnya dapat diatasi dengan penyesuaian ulang solvent pada tinta hingga didapatkan viskositas sesuai yang diinginkan. Namun, jika penyesuaian ini harus diulang secara sering saat proses produksi, proses percetakan kemasan akan berjalan lama dan menghambat menuju ke proses selanjutnya.

Untuk mengatasi ini, diperlukan alat otomatis seperti viscosity controller untuk membantu menjaga viskositas tinta terjaga secara otomatis setiap terjadi perubahan viskositas pada tinta.

Other information :
Apa Itu Viscosity Controller

Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang manfaat penting menggunakan viscosity control terutama untuk mesin cetak rotogravure.

Masalah Viskositas Pada Mesin Rotogravure

Viscosity control merupakan alat otomatis yang dipasangkan pada masing-masing printing station mesin rotogravure yang berfungsi untuk memantau dan menjaga viskositas atau kekentalan tinta sesuai dengan nomor viskositas yang telah ditentukan sebelum proses cetak.

Jika terjadi perubahan pada viskositas, maka akan terjadi beberapa masalah seperti : 

Aliran Tinta yang Buruk

Jika viskositas meningkat, tinta akan mengental dan akan mempersulit proses sirkulasi tinta yang dialirkan ink pump nanti.

Selain itu, hasil yang terlalu kental akan mempersulit beberapa tipe doctor blade saat proses doctoring.

Warna Cetak yang Buram

Jika viskositas tinta cetak menurun, maka warna cetakan akan memudar dan mengurangi kualitas warna cetakan.

Warna yang Tidak Konsisten

Perubahan viskositas akan terjadi paling tidak setiap 30 menit saat proses cetak berlangsung. Jika terjadi perubahan viskositas tinta, maka akan terjadi perubahan warna yang tidak konsisten pada hasil cetak.

Pemborosan Tinta dan Solvent

Jika penyesuaian viskositas dilakukan secara manual, maka operator harus menuangkan secara manual tinta dan solvent sampai didapatkan viskositas yang sesuai.

Hal ini akan membuat penggunaan solvent lebih boros karena jika penyesuaiannya tidak sesuai, operator harus kembali menambahkan solvent dan tinta secara berlebihan yang membuat proses penyesuaian menjadi boros.

Fungsi Viscosity Controller

viscosity controller

Dari beberapa masalah yang telah disebutkan sebelumnya, viscosity controller memiliki beberapa tugas kerja yang berfungsi melakukan perlindungan terhadap tinta rotogravure seperti : 

1. Melakukan Pemantauan Tinta

proses-censoring-viscosity-control

Viscosity controller memiliki sensor yang berfungsi memantau viskositas secara realtime saat proses kerja berlangsung. Jika terjadi perubahan viskositas yang signifikan maka sensor akan mengirimkan sinyal dengan suara/alarm pada viscosity controller.

2. Menuangkan Solvent Secara Otomatis

Selain memberikan sinyal jika terjadi perubahan pada viskositas, viscosity controller juga dapat berfungsi menuangkan solvent secara otomatis hingga mendapatkan kekentalan sesuai dengan yang sudah diatur sebelumnya.

3. Mengefisiensi Waktu Produksi

Operator mesin dapat fokus pada tugas-tugas lainnya karena viscosity controller dapat melakukan penyesuaian tinta dan solvent secara otomatis.

Menjaga Hasil Cetak

Hasil cetak dalam proses rotogravure melibatkan banyak equipment atau peralatan seperti cylinder, doctor blade, dan sebagainya. Tapi, dengan memastikan tinta dapat berfungsi sebagaimana mestinya, kemungkinan hasil cetak terbaik dan konsisten akan semakin tinggi.

Tingkatkan Keuntungan Dengan Viscosity Controller

Dapatkan keuntungan maksimal dengan memanfaatkan fungsi otomatis yang dimiliki viscosity controller dari PT. Prima Mas Agung. Dapatkan penawaran harga termurah dan layanan konsultasi kompabilitas dengan mesin rotogravure anda dengan menghubungi kontak yang tersedia.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *